Cermin pembangunan dan SDM kota

STIE Galileo mengadakan kegiatan webinar dengan tema ” CERMIN PEMBANGUNAN & SDM KOTA” kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 14 September 2021. Pada pukul 10.00-12.00 WIB

Meskipun di laksanakan secara daring melalui aplikasi zoom meeting kegiatan berjalan dengan penuh antusias oleh para peserta dari kalangan mahasiswa maupun umum.

Kegiatan ini di buka oleh ketua STIE Galileo bapak Hazriyanto, S.E.,M.M.,PH.D dan memberi sambutan kepada seluruh peserta. Adapun narasumber pada kegiatan webinar cermin pembangunan dan SDM kota ini adalah bapak walikota batam H.M.Rudi., S.E.,M.M dan bapak Dr. Nasruji, M.M dan bapak Yasri Efendi, S.Si.,M.Pd. walaupun bapak walikota berhalangan untuk hadir.

Dalam penyampaian materi oleh narasumber-narasumber banyak sekali ilmu yang bermanfaat bagi para peserta yang mengikuti.

Seperti yang di sampaikan oleh DR.Nasruji, M.M mengatakan Batam ikon bangsa Indonesia bahkan wajah Indonesia di perbatasan bahkan Batam merupakan miniatur Indonesia di perbatasan. Untuk mendukung hal tersebut perlu SDM yang baik.
Adapun indikator SDM yang baik
1. Pendidikan yang bagus
2. Membangun grand desain pendidikan SDM
3. Fasilitas yang menunjang
4. SDM yang handal
5. Mengimplementasikan teknologi

Dan bapak Yarsi Efendi, S.Si.,M.Pd menyampaikan bahwa visi Batam ” Terwujudnya Batam sebagai bandar dunia Madani yang modern dan sejahtera”
Dalam pemaparannya Yarsi Efendi juga menyampaikan sejarah Batam bagaiman dulu di kenal dengan istilah orang selat.
Kemudian perkembangan dari desain industri hingga Batam menjadi kota otonom pada tahun 99.
Yarsi Efendi yang juga pemerhati manajemen pendidikan pesisir dan lingkungan hidup menyampaikan tentang pembangunan Batam pada 2 aspek maindland dan hinterland. Walaupun hari ini terfokus pada maindland juga harus mengimbangi pembangunan di hinterland
Dalam diskusi ini juga ada respon dari Dewi Larasati yang mana pembangunan SDM kedepan harus mulai pada literasi digital begitu juga respon dari Kuswanto bahwa Batam adalah wilayah industri kenapa kemudian menuju pariwisata. Tetapi dalam padangan narasumber Yarsi Efendi alangkah lebih baik ketika industri dan Pariwisata beringan berjalan membangun Batam.
Kemudian closing stetmen dari Dr. Nasruji Perlu kemudian kita gaungkan lagi diskusi untuk bmembangun SDM kota Batam melalui seminar internasional dan mengajak narasumber dari mancanegara seperti Singapura Malaysia Thailand karena disana ada peradaban yang sama dengan peradaban kita.

Kemudian kegiatan di closing dan di tutup oleh ketua STIE Galilleo bapak Hazriyanto, S.E.,M.M.,Ph.D dan di lanjutkan dengan fotto bersama.

Watch on youtube